A SIMPLE MINDED PERSON

25 Desember 2017

MENYAMBUT 2018

Tiap tahun ada yang bikin resolusi tapi selalu gagal? *angkat tangan*

Yep! That's me. Makanya kali ini gak mau bikin resolusi untuk tahun 2018, tapi mau mengingatkan diri sendiri untuk melakukan hanya hal - hal baik dan berpikir hanya hal positif. Itu aja.

Walaupun gak bikin resolusi, tapi ada beberapa aktivitas baru yang mau saya coba. Berdasarkan buku 365 Ideas of Happiness yang pernah saya baca, ada banyaaaaaakkkkk banget kegiatan yang bisa kita coba. Saya sampai kasih post it banyak banget di buku itu.


Nah, saya mau kasih tau beberapa ide aktifitas seru berdasarkan buku 365 Ideas of Happiness yang mungkin bisa kita lakukan di tahun 2018. Saking banyaknya aktifitas seru di buku ini, saya sampai bingung sendiri mau pilih yang mana, loh.

1. BIKIN PASPOR

Untuk yang belum punya paspor, ayo bikin. Travelling dan buktikan sendiri kalau dunia itu ternyata luas banget. Pelajari hal - hal baru dari tempat yang kamu kunjungi. Walaupun travelling itu tidak harus selalu ke luar negeri, loh. Saya juga baru sekali, sih, travelling ke luar negeri. Dan tentu suasananya sangat berbeda dengan Indonesia. Saya punya kebiasaan untuk merasakan hawa tiap tempat baru yang saya kunjungi dan terbukti kalau semuanya berbeda. Misalnya, suasana di Bali itu beda dengan di Lombok dan suasana di Yogyakarta itu beda dengan di Solo. Budayanya, baunya, orang - orangnya, bandaranya, stasiunnya. Itu harus diperhatikan, ya. Untuk apa? Kalo saya, sih, untuk memuaskan rasa penasaran diri sendiri :P

Oh iya, akan lebih membanggakan lagi kalau kalian bisa travelling dengan uang tabungan kalian sendiri, ya. Hihi

2. UBAH GAYA RAMBUTMU

Tahun baru, rambut baru. Berani mencoba! Kenapa enggak? Lebih keren lagi kalau kamu ganti warna rambut kamu jadi hijau atau pink. Saya pernah segila itu, and it feels good. Walaupun konteksnya saya waktu itu adalah 'memberontak' pada diri sendiri. Tapi, hey, itu jadi pengalaman yang gak akan terlupakan. Apalagi kalau kita sebelumnya dikenal sebagai seseorang yang tidak pernah mengganti warna rambut.

3. BIKIN AMPLOP PENGELUARAN

Merasa kesulitan dalam hal menabung? Ini saatnya kamu membuat amplop pengeluaran, berapapun penghasilan kamu. Dan karena ini jaman modern, mungkin kamu bisa membuat beberapa tabungan sekaligus. Selalu bedakan tabungan untuk kebutuhan sehari - hari dan untuk simpanan. Kalau gak dibedakan, ya, habis juga. Apalagi kalau kita gak bisa atur uang.

Jadi, menabung itu harus selalu dilakukan di awal. Misalkan, kita gajian di tanggal 27, nah saat kita terima gaji hal pertama yang kita harus lakukan adalah memisahkan uang untuk sedekah, bayar keperluan, menabung, dan ongkos sehari - hari. Jangan lupa, selalu lakukan di awal bukan di akhir. Cara itu saya pakai sejak setelah 1 tahun bekerja atas saran Mama. Karena sebelumnya juga saya bingung kenapa uang saya selalu habis entah kemana.

4. MASAK UNTUK SESEORANG YANG KAMU SAYANG

Untuk beberapa orang yang terbiasa masak dan menyajikan makanan untuk keluarga, mungkin hal ini terdengar sepele. Tapi untuk mereka yang tidak terbiasa memasak atau bahkan turun ke dapur, hal ini adalah perjuangan yang luar biasa. Apalagi kalau bisa melakukan prosesnya dari awal. Belanja, menyiapkan bahan, dan kemudian memasak, semua dilakukan sendiri. Sulit, tapi pasti seru.

Ayo mulai dengan resep sederhana. Misalnya, nasi goreng, sayur bayam, pokoknya yang mudah. Eits, dilarang masak yang instant, loh. Bukan challenge itu namanya :P

5. BIKIN DAFTAR 'WHY I LOVE MYSELF'

I Love, I Love, I Love Myself
I Know, I Know, I Know Myself

BTS - Chyper part 4

Pernah merasa gak puas dengan diri sendiri? Semua orang pasti pernah. Tapi bukan berarti kita itu sampah, gak berguna, dan salah karena telah dilahirkan. Kita harus belajar lebih mencintai diri sendiri dulu sebelum mencintai orang lain. Kenalilah diri sendiri dan berbaik hati pada diri sendiri. Jangan selalu memikirkan hal - hal negatif yang akhirnya hanya akan membuat kita sakit, secara jasmani dan rohani. Sibukkan diri kita dengan kegiatan positif apapun. Apapun.

Pokoknya, cintai diri sendiri dan jangan pernah kehilangan harapan.

Sebetulnya masih ada 360 kegiatan seru dan sederhana lainnya yang ada di dalam buku ini, tapi kalau di share semua di post ini ya...... Spoiler dong jadinya. Hehe

Mungkin kalian sudah merencanakan aktifitas positif seru untuk tahun 2018? Kalau belum, coba cari tahu aktifitas seru apa yang bisa kalian lakukan di tahun 2018.

Akhir kata, Love yourself, Love myself, Peace *ala ala BTS* *Sorry, lagi ngefans sama BTS soalnya*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar